Selasa, 08 Januari 2013

Hakekat Matematika

Hakikat matematika artinya menguraikan apa sebenarnya matematika itu, baik ditinjau dari arti kata matematika, karakteristik matematika sebagai suatu ilmu, maupun peran dan kedudukan matematika diantara cabang ilmu pengetahuan serta manfaatnya.
Matematika secara umum ditegaskan sebagai penelitian pola dari struktur, perubahan, dan ruang; tak lebih resmi, seorang mungkin mengatakan adalah penelitian bilangan dan angka. Dalam pandangan formalis, matematika adalah pemeriksaan aksioma yang menegaskan struktur abstrak menggunakan logika simbolik dan notasi matematika; pandangan lain tergambar dalam filosofi matematika.(www.wikipedia.org) Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), matematika didefinisikan sebagai ilmu tentang bilangan, hubungan antara bilangan, dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian masalah mengenai bilangan. (Hasan Alwi, 2002:723)

Metode Permainan Dalam Pembelajaran Matematika


1.      Defenisi metode permainan 
Metode permainan dalam pembelajaran matematika adalah metode belajar dengan melakukan kegiatan yang menggembirakan yang dapat menunjang tercapainya tujuan instruksional matematika yang menyangkut aspek kognitif, psikomotorik, atau efektif. Permainan yang mengandung nilai matematika dapat meningkatkan keterampilan, penanaman konsep, pemahaman dan pemantapannya; meningkatkan kemampuan menemukan, memecahkan masalah, dan lain-lain.  Metode permainan sama dengan metode-metode lain yang memerlukan perumusan tujuan instruksional yang jelas, penilaian topik atau subtopik, perincian kegiatan belajar mengajar, dan lain-lain. Selanjutnya hindari permainan yang bersifat teka-teki atau yang tidak ada nilai matematikanya. 
2.      Kelebihan metode permainan
    a.      Melatih anak untuk mendramatisasikan sesuatu serta melatih keberanian
    b.      Metode ini akan menarik perhatian anak sehingga suasana kelas menjadi hidup.
    c. Anak dapat menghayati suatu peristiwa sehingga mudah mengambil kesimpulan berdasarkan penghayatan sendiri.
   d.      Anak dilatih untuk menyusun pikirannya dengan teratur.

RPP (kelas X semester 1)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH
:

MATA PELAJARAN
:
MATEMATIKA
KELAS/ SEMESTER
:
X/ 01
KELOMPOK
:

ALOKASI WAKTU
:
2 JAM PELAJARAN (1 x PERTEMUAN)

Standar Kompetensi
:
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks.
Kompetensi Dasar
:
Mendeskripsikan macam-macam matriks.
Indikator
:
1.   Dapat menentukan unsur dan notasi matriks.


2.   Dapat membedakan matriks menurut jenis dan relasinya
A.      Tujuan Pembelajaran
         1.   Siswa mampu menentukan unsur dan notasi matriks
         2.   Siswa mampu membedakan matriks menurut jenis dan relasinya.

Tabel Sin, Cos, Tan, Cosec, Sec, Cot


θ
30°
45°
60°
90°
180°
270°
Sin θ
0
1


2
1


2
Ö3


2
1
0
-1
Cos  θ
1
Ö3


2
1


Ö2
1


2
0
-1
0
Tan  θ
0
1


Ö3
1
Ö3
*
0
*
Cosec  θ
*
2
Ö2
2


Ö3
1
*
-1
Sec  θ
1
2


Ö3
Ö2
2
*
-1
*
Cot  θ
*
Ö3
1
1


Ö3
0
*
0


ket: Ö = dibaca akar