Jumat, 07 Desember 2012

'ilmu

Ilmu didapat tidak hanya dari dalam kelas saja, dari luar bisa kita temukan juga. Di mana saja kita bisa belajar, kita bisa mendapatkan ilmu. Ilmu itu mengalir bagai air, so amalkan ilmu yang kita dapat. Punya ilmu tidak diamalkan percuma, bagai genangan air. Air tergenang ada manfaatnya? kalau tempat bertelur nyamuk pasti, bau nggak kalau tergenang terlalu lama? Tentu tidak mau kan seperti genangan air yang tidak berguna. Sebaik-baiknya muslim itu berguna bagi muslim lainnya, akan percuma kalau punya ilmu tidak diamalkan dan akan sia-sia juga mengamalkan ssuatu tanpa mengetahui ilmunya.

يَرْفَعِ اللهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرُُ

Artinya :
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (Q.s. al-Mujadalah : 11)
Alam terbentang luas di hadapan kita, bukti kemahabesaran Allah Ta'ala. Beberapa potret santri TPA tepatnya di daerah KarangAsem, Sampang, GedangSari, GunungKidul, yang mengisi liburan dengan OB (Out Bond).

Santri TPA M.Al-Huda
Betapa semangatnya santri TPA berangkat untuk mengikuti OB padahal hari libur, lebih enak di rumah duduk manis nonton TV, atau game tapi tidak untuk pejuang yang tangguh ini. Menuntut ilmu itu wajib. 

رواه إبن عبد البر)) طَلَبُ اْلعِلْمَ فَرِيْضِةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَ مُسْلِمَةٍ
Artinya :
Mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi muslimin dan muslimat”(HR. Ibnu Abdil Bari)


Medan bukan jadi tantangan, meskipun jalan terjal semangat tidak luntur, bermain dengan alam semakin mengenal dan mencintai Sang Mahapencipta.

Beberapa santri & pengasuh M.Al-Huda
Semamgattt, ya Allah lindungilah kami dari godaan TV dan game yang membuat malas, kuatkan dalam menuntut ilmu.
Banyak sekali yang didapat dari OB selain ilmu,dapat teman baru, pengalaman yang mendidik.
Ilmu Pengetahuan adalah suatu konsep atau ilmu yang dihasilkan dari eksperimen, observasi, penelitian, berguna untuk diamati serta dieksperimen tasikan lebih lanjut. Istilah 'ilm dalam al-Qur'an disebutkan 800 kali dengan berbagai bentuk. Subhanallah,... ^_^
Untuk memperoleh ilmu pengetahuan, al-Qur'an menyebutkan tiga cara, yaitu pengamatan, penalaran dan pengalaman batin. Perintah mencari ilmu terdapat dalam Q.S Al-Isra':14; Al-'Alaq:1-5; dan beberapa hadis yang telah masyhur. Jelaskan, ayooo mencari ilmu sebanyak-banyaknya n don't forget diamalkan juga. Orang berilmu itu kedudukannya lebih tinggi lho, lebih mulya dan terhormat di sisi Allah dan disisi manusia.
Ipteks harus dikuasai oleh umat Islam. Q.S.al-Maidah: 30-31; Hud: 36-44; al-Baqarah: 124-132; Yusuf: 55-56; Saba': 10-11; al-Anbiya': 81-82; Ali Imran: 49-50. Obyek ilmu ada yang bersifat materi dan non-matri (metafisik). Metode untuk mengetahui dengan bayani (observasi), burhani (demonstrasi), dan 'irfani (intuitif).
Sumber pengetahuan yang utama adalah Allah, karena Dia pencipta segala sesuatu, salah satunya akal, wahyu dan alam semesta. Ketiga yang disebut terakhir sebagai sumber pengetahuan yang sekunder.
Semoga ilmu yang didapat full barokah &  istiqomah always. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar