Selasa, 08 Januari 2013

RPP (kelas X semester 1)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH
:

MATA PELAJARAN
:
MATEMATIKA
KELAS/ SEMESTER
:
X/ 01
KELOMPOK
:

ALOKASI WAKTU
:
2 JAM PELAJARAN (1 x PERTEMUAN)

Standar Kompetensi
:
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks.
Kompetensi Dasar
:
Mendeskripsikan macam-macam matriks.
Indikator
:
1.   Dapat menentukan unsur dan notasi matriks.


2.   Dapat membedakan matriks menurut jenis dan relasinya
A.      Tujuan Pembelajaran
         1.   Siswa mampu menentukan unsur dan notasi matriks
         2.   Siswa mampu membedakan matriks menurut jenis dan relasinya.

B.       Materi Pembelajaran
Pengertian Matriks
Matriks adalah susunan bilangan-bilangan yang diatur dalam baris (horizontal) dan kolom (vertical) dalam bentuk persegi atau persegi panjang.
Macam-macam matriks    :
1.      Matriks persegi
2.      Matriks Diagonal
3.      Matriks Segitiga
4.      Matriks Baris
5.      Matriks Kolom
6.      Matriks Identitas
7.      Matriks Nol
C.      Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran  :Ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan 
D.      Langkah-langkah pembelajaran 
Pertemuan ke-1                           
Kegiatan
Aktivitas
Nilai-Nilai yang di kembangkan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Kegiatan Awal
·      Guru masuk kelas memberi salam, menyuruh ketua kelas untuk memimpin do’a, memeriksa kerapian tempat duduk, seragam siswa, dan kehadiran siswa serta menciptakan suasana yang tenang.
Religius, disiplin, tanggung-jawab, rasa ingin tahu, kreatif, &kerja keras.
5 menit
Kegiatan Inti
Eksplorasi
·      Guru menerangkan pengertian, notasi, unsur, macam-macam, transpose, dan kesamaan matriks.
·      Guru menjelaskan cara menyelesaikan soal-soal disertai contoh-contoh
Elaborasi
·      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 3-4 siswa.
·      Siswa mendiskusikan soal  dengan kelompoknya mengenai macam-macam matriks.
·      Siswa mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.
Konfirmasi
·      Guru memberi umpan balik positif dan penguatan berupa pujian terhadap keberhasilan siswa dalam menyelesaikan tugas dan diskusi kelompok.
·      Guru memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
·      Guru menjadi nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang mengalami kesulitan.
Rasa ingin tahu, kreatif, kerja keras, disiplin, tanggung jawab.
55 menit
Penutup
·      Siswa dibantu guru untuk menyimpulkan mengenai materi pelajaran hari ini.
·      Guru memberikan tugas mandiri untuk dikerjakan di rumah.
·      Guru menutup pelajaran dengan salam.
Disiplin, tanggung-jawab, rasa ingin tahu, kreatif, dan kerja keras.
10 menit

E.     Alat / Bahan /Sumber
           1.   Alat / Bahan :
·         Laptop
·         LCD
·         White Board, Spidol, Penghapus
2.      Sumber belajar :
Buku Modul Matematika kelas X semester ganjil,
F.     Penilaian
Tes tertulis bentuk uraian, 


                  G. Kunci jawaban

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar