RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH
|
:
|
|
MATA PELAJARAN
|
:
|
MATEMATIKA
|
KELAS/
SEMESTER
|
:
|
X/ 01
|
KELOMPOK
|
:
|
|
ALOKASI WAKTU
|
:
|
2 JAM
PELAJARAN (1 x PERTEMUAN)
|
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep
matriks.
|
||
Mendeskripsikan macam-macam matriks.
|
||
1. Dapat
menentukan unsur dan notasi matriks.
|
||
2. Dapat
membedakan matriks menurut jenis dan relasinya
|
A.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa mampu menentukan unsur dan notasi
matriks
B.
Materi
Pembelajaran
Pengertian
Matriks
Matriks adalah susunan
bilangan-bilangan yang diatur dalam baris (horizontal) dan kolom (vertical)
dalam bentuk persegi atau persegi panjang.
Macam-macam matriks :
Macam-macam matriks :
1. Matriks
persegi
2. Matriks
Diagonal
3. Matriks
Segitiga
4. Matriks
Baris
5. Matriks
Kolom
6. Matriks
Identitas
7. Matriks
Nol
C.
Metode
Pembelajaran
Metode
pembelajaran :Ceramah, diskusi kelompok,
tanya jawab, penugasan
D.
Langkah-langkah
pembelajaran
Pertemuan ke-1
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Nilai-Nilai yang di kembangkan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Kegiatan
Awal
· Guru
masuk kelas memberi salam, menyuruh ketua kelas untuk memimpin do’a,
memeriksa kerapian tempat duduk, seragam siswa, dan kehadiran siswa serta
menciptakan suasana yang tenang.
|
Religius,
disiplin, tanggung-jawab, rasa ingin tahu, kreatif, &kerja keras.
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
· Guru
menerangkan pengertian, notasi, unsur, macam-macam, transpose, dan kesamaan
matriks.
· Guru
menjelaskan cara menyelesaikan soal-soal disertai contoh-contoh
Elaborasi
· Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 3-4 siswa.
· Siswa
mendiskusikan soal dengan kelompoknya
mengenai macam-macam matriks.
· Siswa
mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.
Konfirmasi
· Guru
memberi umpan balik positif dan penguatan berupa pujian terhadap keberhasilan
siswa dalam menyelesaikan tugas dan diskusi kelompok.
· Guru
memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar
yang telah dilakukan.
· Guru
menjadi nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang
mengalami kesulitan.
|
Rasa ingin
tahu, kreatif, kerja keras, disiplin, tanggung jawab.
|
55 menit
|
Penutup
|
· Siswa
dibantu guru untuk menyimpulkan mengenai materi pelajaran hari ini.
· Guru
memberikan tugas mandiri untuk dikerjakan di rumah.
· Guru
menutup pelajaran dengan salam.
|
Disiplin,
tanggung-jawab, rasa ingin tahu, kreatif, dan kerja keras.
|
10 menit
|
E.
Alat
/ Bahan /Sumber
1.
Alat / Bahan :
·
Laptop
·
LCD
·
White Board, Spidol, Penghapus
2. Sumber
belajar :
Buku Modul
Matematika kelas X semester ganjil,
F.
Penilaian
Tes tertulis
bentuk uraian,
G. Kunci jawaban
Tidak ada komentar:
Posting Komentar